Senin, 28 Januari 2008

suhu part 1

Ketika secara tidak sengaja tangan kita tersentuh kopi terasa hangat. Dari manakah rasa hangat itu?. Dilain waktu mungkin kita menyentuh balok-balok es. Apa yang kita rasakan ?. Tangan kita terasa dingin sampai membeku. Samakah sensasi rasa yang kita rasakan ketika tersentuh es dengan kopi ? Mengapa sensasinya tidak sama? Apakah sebenarnya panas dan dingin yang kita rasakan tersebut ?


Panas atau dingin merupakan perumpamaan sederhana yang bersangkutan dengan suhu. Suhu merupakan derajat panas suatu benda. Suhu dapat diartikan sebagai energi panas yang dimiliki benda. Secara mikroskopis, suhu dapat dilihat dari aktifitas atom yang bergerak dalam suatu materi benda. Atom-atom dalam suatu benda bergerak secara acak(brown). Pergerakan atom dapat dibagi menjadi 2 macam. pertama pergerakan atom dengan diam ditempat (rotasi, getaran) dan kedua bergerak pindah tempat (translasi). Semakin cepat pergerakan atom semakin banyak energi yang dikandung secara otomatis semakin panas benda tersebut.

Nilai kuantitatif panas benda yang biasa disebut suhu atau temperatur dapat diukur dengan menggunakan termometer. Termometer dipasaran biasanya berisi air raksa atau alkohol. Satuan suhu secara internasional adalah Kelvin (K). Pada satuan Kelvin nilai titik beku air adalah 273 K dan nilai didih air adalah 372 K.


Ketika kopi hangat tersentuh oleh tangan kita energi panas dari kopi mengalir menuju tangan kita. Partikel-partikel gelas bergerak dengan kecepatan gerak tertentu. Begitu tangan kita menyentuh gelas, partikel atom di tangan kita ikut bergerak mengikuti gerakan atom gelas sampai suatu saat kecepatan partikel atom di gelas dan di tangan kita menjadi serba sama. ketika pergerakan atom yang serba sama itulah kita merasakan sensasi panas seperti yang ada dalam kopi.


Hal serupa ketika tangan kita menyentuh balok es. akan tetapi pergerakan energi panas berbeda dari kasus awal. Ketika tangan kita menyentuh es energi panas dari tangan kita mengalir menuju es. sampai keadaan tangan kita serba sama dengan suhu es.




Tidak ada komentar: